Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Seragam Pelajar di Indonesia

Blog Info Guru kali ini akan membagikan sebuah artikel tentang Makna Seragam Pelajar di Indonesia. Rekan Guru-Guru di Nusantara Taukah bahwa seragam Pelajar di Indonesia mempunyai sebuah makna ... ??

Di Indonesia anak-anak sekolah umumnya menggunakan seragam dalam aktivitas sehari-hari di sekolah. Sebenarnya mulai kapan ya kita berseragam ke sekolah? 

Sejarah mencatat, penggunaan seragam sekolah sudah diperkenalkan pemerintahan kolonial Belanda. Saat itu seragam di tiap-tiap sekolah berbeda-beda. 
Gambar Ilustrasi : Makna Seragam Pelajar di Indonesia
Nah, lalu pada 1982 keluarkanlah Surat Keputusan Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 52 tanggal 17 Maret 1982. Di SK itu diatur seragam wajib untuk pelajar Indonesia. 

Pelajar Sekolah Dasar wajib memakai seragam atasan putih dan bawahan merah menyala. Warna itu dipilih karena merah memiliki arti energi dan semangat tinggi. 

Makna warna merah tersebut sangat sesuai dengan jiwa Pelajar SD yang selalu semangat dan ceria. Warna ini juga diharapkan dapat memberi dorongan semangat rajin belajar bagi siswa yang menggunakannya.

Adapun untuk Pelajar Sekolah Menengah Pertama adalah putih dan biru tua. Warna biru tua dipilih karena mencerminkan sikap percaya diri dan mandiri. SMP adalah tahapan bagi pelajar dari anak-anak menuju remaja yang harus percaya diri dan mandiri sebagai pelajar Indonesia.

Sedangkan seragam putih abu-abu untuk siswa SMA memiliki makna pelajar yang memasuki dunia remaja. Warna abu-abu menggambarkan masa peralihan dari hitam ke putih. Abu-abu juga menggambarkan ketenangan dan kedewasaan.


Demikian Blog Info Guru yang bisa kami bagikan melalui Blog sederhana ini, mudah-mudahan bermanfaat dan menjadikan artikel ini adalah Wawasan Baru bagi yang belum mengetahuinya. Jangan lupa berikan komentarnya dan jangan lupa bagikan di jaringan sosial yang anda miliki. Terimakasih

3 komentar untuk "Makna Seragam Pelajar di Indonesia"

  1. Selama ini saya menggunakan seragam tidak tahu maknanya gan hehe, tetapi yang saya tahu seragam itu mencerminkan seseorang dalam pekerjaan. CMIIW :D

    Postnya sangat berguna dan untuk menambah ilmu juga. Keep posting

    BalasHapus
  2. akhiranya terkuak juga mistery selama ini,..

    BalasHapus