Backup Database Menggunakan Dapodik Helper

Backup dan Restore adalah fungsi dapodik helper sejak pertama kali release hingga saat posting ini dibuat fungsi dasar telah mengalami banyak perbaikan baik disisi fungsi dan juga tampilan. Yang paling banyak dikeluhkan adalah seringnya aplikasi 'hang' saat melakukan restore database terutama pada komputer atau laptop dengan spesifikasi minimum.
Tampilan utama Dapodik Helper

Untuk melakukan backup database DAPODIK cara yang paling aman adalah dengan menggunakan aplikasi Dapodik Helper. Ada banyak cara yang beredar luas di internet diantaranya yang paling banyak adalah dengan cara melakukan 'copy' langsung folder database namun cara ini kebanyakan gagal saat direstore, kalaupun ada yang sukses seringkali menyebabkan 'NaN' pada aplikasi DAPODIK.

Untuk memulai backup database menggunakan Dapodik Helper dari tampilan utama seperti gambar diatas selanjutnya pilih menu 'Maintenance' kemudian pilih sub menu 'Backup Data'.

Menu backup data
Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar berikut.
Tampilan backup data
Pilih tombol backup (kotak merah) untuk memilih lokasi penyimpanan file backup.
Pilih folder penyimpanan
Pilih nama folder yang akan digunakan untuk menyimpan file backup kemudian pilih tombol 'Select'. Tunggu beberapa saat aplikasi melakukan proses backup hingga ada informasi selesai seperti berikut.
Proses backup selesai
File backup akan tersimpan pada direktori yang telah dipilih dengan nama file brakhiran .dbk.
Sampai disini proses backup database telah selesai silahkan simpan file .dbk tersebut ditempat yang aman agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa digunakan dengan mudah

Sumber : http://dapodikhelper.blogspot.com/


Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:20:00

0 komentar:

Post a Comment