Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instalasi Aplikasi DAPODIKMEN dan Persiapan yang harus dilakukan.

Menindaklanjuti tulisan PIN PAS dan Kode regristrasi aplikasi DAPODIKMEN, maka yang coba tulis lagi persiapan apa saya yang harus dilakukan oleh operator sebelum melakukan proses instalasi, diantaranya
  1. Siapkan Komputer/Laptop dengan resolusi layar minimal 1024x768. Disarankan untuk tidak menggunakan Netbook.
  2. Pastikan di komputer/laptop sudah terinstal web browser Firefox atau Chrome versi terbaru (tanpa plugin / tools tambahan)
  3. Download Aplikasi DAPODIKMEN yang direkomendasikan /terbaru. Aplikasi dapat di download di Klik Disni ....
  4. Download prefill  untuk sekolah anda di Klik Disini... masukkan NPSN atau kode regristrasi
  5. Baca manual aplikasi  DAPODIKMEN. Klik Disni .... dan klik dokumen, pilih dokumen yang  sesuai dengan jenjang, ada Untuk SMA Klik Disni, Untuk SMK Klik Disini dan Untuk SMLB Klik Disni
  6. Komputer yang menggunakan antivirus AVAST, Antivir, AVG Free sementara di disable dulu krn menyebabkan aplikasi tidak bisa berjalan sebagai mana yang harapkan.
  7. Setting Waktu Lokal / Komputer à pilih GMT+07.00 untuk WIB (disesuaikan dengan zona waktu masing masing)
  8. Setting regional  : Indonesia
  9. Pastikan sudah memiliki Kode Registrasi  sekolah.  Jika ada Staf dinas kabupaten/provinsi dan atau direktorat teknis i bisa belajar aplikasi ini  dengan kode regristrasi sekolah contoh.
SMA  : 2LJGG182DC
SMK  : 3M6BGB8UNL
SMLB : VFQPEGCQ6

Adapun Jika persiapan diatas sudah dilakukan, maka tahap berikutnya adalah proses intalasi aplikasi sebagai berikut
1. Double klik file Aplikasi terbaru yang telah di Download (lakukan proses instalasi sampai selesai).  Langkah ini dilakukan jika computer belum sama sekali terinstall aplikasi Dapodikmen.

Catatan Untuk Operator :
a. Bila operator merangkap sebagai operator DAPODIKDAS juga, maka solusinya dalam satu computer tidak direkomendasikan di install dua Aplikasi (DAPODIKDAS-DAPODIKMEN), namun bisa di siasati dengan menggunakan dualbooting dan atau menggunakan teknologi virtualisasi, tulisan saya tentang virtualisasi ada di Klik Disini...........

b. Jika sudah ada Aplikasi sebelumnya dan saat ini ada aplikasi terbaru, maka bukan installer yang di install, namun hanya patch nya saja yang di install. (pembahasan instalasi Patch akan dibahas tersendiri)

2. Jika sudah selesai instlasi, maka folder C:\prefill_dapodik sdh tersedia. Kemudian Copy file Prefill yang telah didownload dan letakkan dalam folder C:\prefill_dapodik.

3. Jalankan Aplikasi DAPODIKMEN di Dekstopatau langsung juga bisa jalankan langsung browser (Google Crome atau Mozilla) dan ketikkan di address bar :http://localhost:8090

4. Tunggu sesaat lagi, maka akan muncul kotak dialog usename dan password. Mengingat pertama kali install, maka yang dilakukan adalah klik tombol REgristrasi dulu. Isikan Data Data yang tersedia, lebih lengkap lebih baik termasuk ada isian kode regristrasi.

5. Jika Sudah berhasil regristrasi, maka operator siap untuk login dengan user dan password yang sudah didaftarkan.

Semoga tulisan singkat ini bisa memberikan gambaran tentang persiapan aplikasi dan hall yang harus dilakukan.

Semoga bermanfaat.

Kik Disni Untuk Menuju Artikel Aslinya Dari Pak Sukari


Posting Komentar untuk "Instalasi Aplikasi DAPODIKMEN dan Persiapan yang harus dilakukan."