Restore Database Menggunakan Dapodik Helper


Melakukan restore data adalah mengganti database yang saat ini digunakan dengan database yang baru hasil backup yang sudah dibahas pada topik sebelumnya. Yang perlu dipahami adalah database yang ditimpa merupakan database utuh bukan hanya satu sekolah (apabila aplikasi terpasang lebih dari satu sekolah).
Sebelum melakukan restore pastikan data yang asli sudah dibackup terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya database hasil restore tidak kompatibel dengan aplikasi dapodik yang terpasang pada komputer tersebut atau hal lainnya.
Untuk melakukan proses restore pada jendela utama masih sama dengan saat melakukan backup yaitu melalui menu 'Maintenance' kemudian pilih 'Restore Data'.

Menu restore
Selanjutnya akan masuk ke tampilan utama restore data seperti berikut.
Tampilan utama restore
Pada tampilan tersebut pilih tombol 'Restore' (kotak merah) untuk memilih file .dbk yang akan direstore.
Pilih file .dbk
Pilih file .dbk yang akan direstore (kotak merah 1) kemudian pilih tombol 'Open' (kotak merah 2) selanjutnya akan kembali ke tampilan sebelumnya dengan beberapa informasi proses restore data.
Proses restore data
Proses ini membutuhkan waktu beberapa menit (tergantung kondisi komputer dan ukuran data). Selama proses restore berlangsung mohon jangan menggunakan aplikasi DAPODIK sampai proses restore selesai seperti berikut.


Proses restore database berhasil dilakukan apabila ada informasi seperti diatas apabila scroll bar digeser ke atas maka semua proses eksekusi pada database itu ditampilkan dengan awalan tiap baris 'pg_restore:'. Namun jika gagal melakukan restore informasi yang muncul tidak demikian.
Apabila database gagal restore atau karena alasan lainnya pengguna menghendaki data sebelum restore kembali lagi caranya adalah dengan memilih tombol 'Restore Temp Data' pada pojok kiri bawah. Dapodik Helper melakukan pemindahan data utama ke database temporary setiap melakukan proses restore, namun yang data yang diamankan tersebut hanya data terakhir sebelum proses restore itu dilakukan. Sehingga untuk mengamankan beberapa tahap sebelum restore tetap harus melalui backup file .dbk.

Sumber : http://dapodikhelper.blogspot.com/

Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:07:00

0 komentar:

Post a Comment