Kabar Baik, Ada 100.000 Formasi CPNS untuk K2

Honorer K2 Tidak Lulus Dapat Menggantikan Honorer K2 Yang Terbukti Bodong Dan Mengundurkan Diri
WONOGIRI – Para pegawai Honorer Kategori 2 (K2) yang tidak lolos seleksi rekrutmen CPNS akhir tahun kemarin, masih punya harapan besar. Pasalnya, pemerintah masih menyediakan formasi kebutuhan CPNS dari K2. Jumlahnya mencapai 100.000 untuk seluruh Indonesia. Di lain pihak, sejumlah K2 yang diduga bermasalah dengan keaslian datanya, mulai mengundurkan diri.
Kepastian adanya kebutuhan CPNS dari K2 tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Rumanti Permanandyah. Kepada wartawan, Kamis (15/5), Rumanti menyatakan, masih banyak peluang bagi honorer K2 untuk menjadi CPNS. Salah satunya dengan adanya kebutuhan sebanyak 100.000 tersebut. Kendati angka tersebut merupakan kebutuhan secara nasional.
Rumanti berkata, belum lama ini mendapatkan informasi dari Biro Umum Badan Kepegawaian Negara (BKN). Intinya, untuk tahun 2014, akan ada rekrutmen CPNS dari K2 sebanyak 100.000. Tidak diperlukan tes lagi dalam rekrutmen itu. Penentuannya adalah berdasarkan hasil tes CPNS akhir 2013 kemarin.
“Jadi mereka yang posisinya berada di bawah K2 yang sebelumnya loloslah yang akan diangkat,“ kata Rumanti.
Sayangnya, informasi yang diterimanya sebatas menyebutkan jumlah secara nasional. Untuk kebutuhan per daerah, belum ada informasi lanjutan. Sehingga, ketika ditanya, berapa jatah untuk Wonogiri, dirinya belum bisa menjawab.
“Belum bisa ditentukan berapa kuota untuk Wonogiri. Kami masih harus menunggu petunjuk berikutnya dari BKN. Tapi yang jelas begitu ada informasi langsung kami sampaikan. Dan kami berharap kuota untuk Wonogiri bisa sebesar mungkin,“ bebernya.
Saat sekarang, masih ada sejumlah 473 K2 yang masih menunggu kejelasan nasib, apakah segera bisa terangkat dari kebutuhan tersebut, atau tidak. Mereka merupakan sisa dari total K2 sebanyak 756 orang, dikurangi yang telah lolos CPNS sebelumnya, 283 orang.
Sebanyak 473 pegawai K2 di Wonogiri, ada yang bekerja menjadi guru, Kepala Lingkungan (Kaling) ditingkat kelurahan dan kecamatan. Juga penjaga sekolah SD sampai SMP serta bekerja di Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) dengan posisi perawat dan bidang di Puskesmas-Puskesmas.
Terkait, adanya kasus K2 yang memanipulasi data dan kini tengah ditangani kepolisian, BKD telah melakukan penelitian berkas. Pekerjaan ini dikhususkan bagi 283 K2 lolos seleksi CPNS. Penelitian itu untuk memperoleh kepastian dan kesesuaian antara data masing-masing K2. Seandainya ditemukan ketidaksesuaian, BKD akan menindaknya. Sedang, bagi mereka yang memang sesuai datanya, BKD akan segera mengusulkan Nomor Induk Pegawai (NIP) ke provinsi.
“Tentunya jika ada yang bermasalah, kami akan menindaknya. Pegawai yang bersangkutan akan kami minta untuk mengundurkan diri,“ tegas Rumanti.
Terkait pengunduran diri ini, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt Sekda) Wonogiri, Suharno menyatakan, sudah ada beberapa K2 yang melakukannya. “Untuk jumlahnya berapa yang mengundurkan diri, kita lihat saja nanti di akhir pemberkasan,“ sebut dirinya yang segera menjadi Sekda definitif itu.

Sumber : silahkan lihat sumbernya disini.....

Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 07:39:00

0 komentar:

Post a Comment