Penjelasan Tentang Fasilitas Integrator Pada Dapodik Helper Update 13 Mei 2014


Beberapa pengguna Dapodik Helper menanyakan mengenai fungsi dan kegunaan fasilitas Integrator yang tersedia pada menu yang sama dengan Backup Restore yaitu menu Maintenance. Untuk saat ini memang belum dibahas apa dan bagaimana yang dimaksud Integrator pada aplikasi DH tersebut.


Integrasi Data

Integrator pada tujuan awal pembuatannya adalah untuk fasilitas agar dapat menghimpun data sekolah dari masing-masing sekolah menjadi satu database yang sama. Hal ini dilatar belakangi oleh beberapa dinas pendidikan yang mengusulkan agar ada metode yang mudah untuk membantu mengkoordinir data dapodik tanpa harus melalui register data prefill satu persatu. Dengan integrator dinas bisa dengan mudah menampung banyak data sekolah sehingga bisa berguna untuk tujuan membantu memeriksa validasi data yang diinput oleh operator sekolah ataupun memanfaatkan data untuk kebutuhan pembuatan berbagai macam laporan.

Untuk saat ini baru sebatas mengeluarkan data saja yang disediakan pada Dapodik Helper ini, sedangkan untuk fasilitas memasukan/menghimpun data belum disediakan. Fasilitas yang ada saat ini untuk penghimpun dibuat terpisah dari aplikasi Dapodik Helper.

Walaupun dianggap fasilitas mati suri namun teknologi integrator ini sebetulnya sudah digunakan pada aplikasi BSD yang baru. Pada aplikasi BSD pengguna memungkinkan untuk melakukan backup data sekaligus mengirimkannya ke server tujuan, seperti itulah gambaran sederhana dari fungsi integrator tersebut yaitu mengintegrasikan data pada lokasi yang berbeda.

Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 06:39:00

0 komentar:

Post a Comment