CARA MENYIMPAN NISN HASIL VERVAL PD KE DALAM FORMAT EXCEL

Alhamdulillah saat ini siswa yang not match pada verval PD sudah bisa langsung masuk ke tab referensi. Itu artinya siswa tersebut sudah mempunyai NISN baru hasil generate dari PDSP. Jika kita sudah selesai melakukan verval pd maka secara otomatis semua siswa kita yang terdaftar pada aplikasi dapodik sudah dapat memiliki mempunyai NISN.
Akan tetapi sampai saat tulisan ini kami publikasikan, belum ada fasilitas untuk download NISN siswa yang sudah ada tersebut secara kolektif untuk satu sekolah. Memang dijanjikan bahwa NISN siswa akan langsung terintegrasi pada aplikasi dapodik melalui mekanisme sinkron. Akan tetapi sampai saat ini belum bisa terlaksana.
Untuk menyimpan data siswa kita beserta NISN nya agar kita dapat mempergunakannya dalam berbagai keperluan di sekolah, maka jalan satu-satunya adalah mengcopy paste secara manual, misalnya pada format excel.
Berikut kami coba sajikan trik sederhan dengan catatan kita sudah selesai melakukan verval sehingga data pada tab residu sudah nol karena pindah ke tab referensi:

  1. Login pada http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login
  2. Pilih tab Referensi
  3. Pada page size pilih angka 50 agar data yang akan kita copy lebih banyak sehingga dapat mempercepat pekerjaan kita (gambar 1)
  4. Blok ke 50 data siswa tersebut dengan jalan klik tahan dan geser (gambar 2)
  5. Klik kanan, pilih Copy (Ctrl+C)
  6. Buka microsoft excel
  7. blok semua (Ctrl+A) setting formatnya menjadi text. Jika formatnya bukan text nantinya angka 0 pada awal NISN siswa tidak terbaca / hilang karena terbaca dalam format number.
  8. Letakkan pointer pada cell A:1, kemudian klik kanan paste special > pilih text > OK (Gambar 3)
  9. Lakukan berulang-ulang ke page berikutnya sampai datanya habis.
  10. Selamat mencoba
1
Gambar 1. Pilih Page Size 50
2
Gambar 2. Blok Data Siswa Kemudian Copy
3
Gambar 1. Paste Special Pilih Text baru Ok




Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 05:33:00

0 komentar:

Post a Comment