Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara merubah video vcd menjadi video 3gp agar video bisa diputar di handphone

Salam Hangat dari Blog info Keguruan Alifah Azzahra | Bagi anda pengguna handphone memiliki media pemutar video di handphone adalah sebuah keharusan, namun software pemutar video yang dipasang di handphone biasanya hanya dapat memutar video format tertentu, biasanya video 3gp, mp4, dan beberapa format video lainnya.

Lalu bagaimana bila anda hendak memutar video vcd kesayangan anda yang bukan video 3gp melalui handphone. Untuk itu anda perlu  Cara merubah video vcd menjadi video 3gp agar video bisa diputar di handphone.


Yang pertama anda harus  mengetahui video format apa yang dapat diputar di handphone anda. Lalu apa jenis format video vcd anda.


Umumnya video yang ada dikeping vcd atau dvd adalah video dengan format yang tidak bisa diputar di handphone. Lalu bagaimana cara agar video tersebut dapat diputar di handphone anda. Untuk tujuan agar video yang ada dikeping vcd atau dvd dapat juga diputar di handphone anda, anda harus merubah format video tersebut dengan format video yang dapat diputar di handphone.

Ada banyak software gratis yang dapat anda download dari internet untuk mengubah format video dari suatu format ke format video yang lain.

Pada artikel ini saya menuliskan cara merubah format video vcd menjadi video format 3gp . Kenapa 3gp ?, karena sebagian besar aplikasi pemutar video di handphone mendukung video format 3gp.

Pada contoh cara konversi video yang saya tuliskan di artikel ini saya menggunakan software konversi video xmedia recode (ada banyak software gratis untuk merubah format video di internet yang dapat anda download).

Software xmedia recode ini dapat melakukan konversi beberapa jenis video untuk dikonversikan menjadi jenis format lain. Diantaranya file video yang anda dapat konversi (rubah) adalah : file video dengan format ekstensi .dat, .mov, .mpeg, .mpg, .mp4, 3gp, .3gpp, .

Cara merubah video vcd /dvd menjadi  video format 3gp adalah sebagai berikut:


Buka aplikasi xmedia recode di komputer anda. Bila anda belum mempunyai software tersebut anda dapat download gratis silahkan klik download xmedia recode.

cara merubah video vcd menjadi video 3gp 
Karena anda hendak merubah format video vcd, anda klik ikon "movie", kemudian klik ikon "open file",  cari letak film video vcd yang hendak anda rubah formatnya.

Pada contoh saya akan merubah format file film video vcd AVSEQ01 menjadi format video 3gp ( film video tersebut saya copy paste dari keping video vcd).  Klik AVSEQ01 dan klik tombol "open". File video Avseq01 akan tampil dilayar xmedia recode seperti nampak pada gambar di atas.


Anda klik tombol "format" lalu pilih output format, isi pilihan profile dengan "custom".
Pilih Format dengan 3gpp. video codec dan Audio codec abaikan, Klik tombol "audio/video synchronissation"

Klik pilihan tombol bulat output stream type "video and audio". bila tombol pilihan "video and audio" tidak bisa dipilih berarti jenis format film video hasil copy paste tersebut tidak dapat langsung anda rubah menjadi film 3gp. Sebelum anda rubah menjadi film 3gp, anda rubah terlebih dahulu film hasil copy dari video cd tersebut kedalam format .avi. Gunakan software any video converter untuk merubah film video yang dicopy dari keping video cd tersebut menjadi format .avi. (Lihat Artikel LANJUTAN tentang any video converter).

Mungkin anda bertanya mengapa tidak langsung saja merubah film video cd menjadi 3gp menggunakan any video converter ?, jawabannya karena software any video converter versi gratisan tidak bisa merubah film video cd menjadi 3gp.

Kita lanjutkan !.

Lalu lihat "output": pilih "save to folder". pada Destination C:\documents and settings\user\my documents\    adalah tempat file hasil perubahan nanti tersimpan.

Selanjutnya (lihat gambar pertama) klik icon "Add Job" yang ada di bagian atas layar, kemudian klik icon "Encode" yang ada disampingnya.

Layar kecil seperti gambar di bawah ini akan tampil di monitor anda. Layar kecil dibawah menerangkan bahwa "source" film video anda adalah Avseqo1.dat dan "destination" adalah avseqo1.3gp adalah film video hasil perubahan yang anda lakukan. Anda tunggu sampai proses konversi selesai.

cara merubah video vcd menjadi video 3gp

Begitu selesai maka file film video anda yang berupa video format 3gp dapat anda lihat di folder   C:\documents and settings\user\my documents\avseq01.3gp.

Demikianlah cara merubah video vcd dan dvd menjadi video 3gp. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan konversi (mengubah) file format .dat menjadi file video format .3gp adalah 9 menit (saya menggunakan komputer lama spesifikasi: PC Prosesor Pentium 4 1,7ghz, memori SDRAM 360MB, memori grafis 128 MB).

Tentu saja anda hanya perlu waktu jauh lebih sedikit bila menggunakan PC dengan spesifikasi lebih baik.

NB: Merubah film hasil copy paste dari kepingan video cd  sering tidak berhasil dengan baik, karena itu sebaiknya anda rubah terlebih dahulu format film video hasil copy paste dari vcd tersebut menjadi video format avi menggunakan any video converter (silahkan klik: video converter gratis). Setelah anda mendapatkan file video format .avi (misal: avseq02.avi) barulah anda rubah menjadi video 3gp menggunakan software xmedia recode.

Sumber : Cara Merubah Video VCD Menjadi Video 3GP agar Bisa Diputar di Handphone

Ada pertanyaan ?, silahkan tulis di kotak komentar

Posting Komentar untuk "Cara merubah video vcd menjadi video 3gp agar video bisa diputar di handphone"