Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

E-NISN BERBASIS DAPODIK BISA PAKAI FOTO SISWA

Salam Hangat dari website www.infokeguruan.com  Alifah Azzahra | Selamat siang teman Operator di seluruh nusantara. Setelah diluncurkan aplikasi e-NISN untuk Dapodikdas dan e-NISN Dapodikmen, banyak masukan dari rekan-rekan operator yang menginginkan Kartu NISN yang dilengkapi dengan foto siswa. Alhamdulillah, menjelang akhir tahun 2014 ini keinginan itu bisa kami wujudkan, meski masih jauh dari sempurna. Untuk itu kritik dan saran tetap kami nantikan.

Aplikasi ini merupakan persembahan akhir tahun dari POPSI (Persatuan Operator Sekolah Indonesia) untuk pendidikan Indonesia. Silakan pelajari Organisasi khusus OPS ini melalui blog ini juga di SINI. Untuk berbagai info dan sharing pendataan silakan bergabung di group resmi POPSI https://www.facebook.com/groups/popsindo/  atau web resmi http://popsi.or.id

Aplikasi cetak NISN kali ini masih berbasis data dari Dapodik, jadi kita tidak harus input manual data siswanya. Kita tidak repot lagi input semua data, semua data siswa tinggal unduh dari progress pengiriman dapodik.

LANGKAH-LANGKAHNYA :
  1. Langkah pertama adalah UNDUH APLIKASI DISINI. Setelah berhasil diunduh, silakan di ekstrak dulu karena file masih dalam format zip. Langsung pilih tombol ekstrak dan tidak ekstrak satu persatu-persatu, agar file yang ada di dalamnya menjadi satu folder.
  2. Setelah aplikasi selesai di ekstrak, cek folder. Dalam folder tersebut ada 4 file yang harus ada dan tidak boleh di hapus. Yaitu file Aplikasi e-NISN Card.exe, foto.jpg, QRCode.bmp dan QRCodeLib.dll.
  3. Langkah selanjutnya adalah download file excel dari pengiriman dapodik. Silakan masuk di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id agar lebih cepat masukkan nomor NPSN sekolah.
  4. Setelah itu untuk mendapatkan file tersebut kita harus memasukkan KODE REGISTRASI pada kotak yang telah di sediakan. Maka akan muncul data sekolah kita. Telusur sampai ke bawah dan temukan tombol DOWNLOAD berwarna merah. Klik tombol tersebut dan file excel akan terdownload ke laptop kita. Cek di kotak Download dan pindahkan file tersebut ke dalam folder Aplikasi E-NSN Card yang sudah kita persiapkan tadi.
LANGKAH CETAK KARTU NISN

  1. Setelah semua siap, jalankan Aplikasi E-NISN Card maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Pilih file excel sekolah kita dan klik tombol KONEKSI. Maka aplikasi akan membaca data siswa. Gunakan tombol PREV dan NEXT untuk memilih  siswa yang akan kita cetak NISNnya. Jika sudah sesuai tambahkan file foto siswa tersebut dengan klik pada tombol ADD FOTO. Untuk hasil terbaik gunakan foto dengan format JPG berukuran 250 x 300 px
  2. Jika foto sudah masuk sempurna tekan tombol CETAK untuk mencetak kartu NISN. Hasil Cetaknya akan tersimpan dalam folder yang sama dengan aplikasi dengan nama file NamaPD.JPG.

Posting Komentar untuk "E-NISN BERBASIS DAPODIK BISA PAKAI FOTO SISWA"