Mekanisme PIP 2015 dan Panduan Verval KPS di Aplikasi VIP

Salam Hangat dari Web www.infokeguruan.com  Kang Zae akan memberikan informasi terhangat ini tentang Mekanisme PIP 2015 dan Panduan Verval KPS di Aplikasi VIP. Mendasari surat dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (ditpsd.kemdikbud) dengan Nomor : 313/c2/TU/2015 yang berisi tentang program Indonesia Pintar Sekolah Dasar (PIP SD).

Sebelum saya sampaikan Panduan Verval KPS / Cara Verval KPS, Verval KIP, Verval KKS di Aplikasi Verivikasi Indonesia Pintar (VIP), Berikut www.infokeguruan.com melansir mekanisme pengusulan calon penerima dana PIP 2015 sebagai kelanjutan dari Bantuan Siswa Miskin (BSM) :
1. Bagi siswa yang berasal dari keluarga Pemilik kartu KPS/KKS/KIP Mekanismenya antara lain :
  • Pihak sekolah mengentry/memasukan atau mengupdate data terbaru siswa (diantaranya Nomor KPS/KKS/KIP) bagi siswa calon penerima PIP 2015 kedalam aplikasi Dapodik (sebentar lagi berubah nama menjadi Dapodikdasmen) secara benar dan tentunya lengkap. Karena data ini berfungsi sebagai data usulan calon Penerima PIP 2015 dari tingkat SD ke Dinas Pendidikan Kab./Kota dan ditpsd.kemdikbud;
  • Dinas pendidikan Kab./Kota memvalidasi, mencetak dalam hardcopy, dan mengesahkan Usulan Calon Penerima PIP 2015 dari Sekolah sebagai usulan ke ditpsd kemdikbud.
2. Bagi siswa yang tidak memiliki KPS/KKS/KIP Mekanismenya antara lain :
  • Pihak Sekolah dapat menyeleksi dengan menyusun daftar siswa yang tidak memiliki KPS/KKS/KIP sebagai calon Siswa Penerima Dana PIP 2015 berdasarkan alokasi dana sementara per Kab. / Kota yang akan ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, dengan prioritas :
1). Siswa yang berasal dari Rumah Tangga Program Keluarga Harapan (PKH);
2). Siswa yang berstatus Yatim piatu/Yatim/Piatu;
3). Siswa yang terkena dampak bencana alam;
4). Siswa yang terancam putus sekolah;
5). Siswa yang kesulitan ekonomi dengan pertimbangan khusus (kelainan fisik, orang tua terkena PHK, dari keluarga terpidana, dan anak yang berada di Lapas/ Lembaga pemasyarakatan).
  • Sekolah kemudian mengusulkan siswa hasil seleksi melalui aplikasi verifikasi Indonesia Pintar (VIP) melalui laman pip.kemdikbud.go.id
  • Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota memvalidasi dan memverifikasi Calon penerima PIP 2015 dari sekolah.
  • Hasil Verivikasi dan Validasi (verval) selanjutnya disahkan oleh kepala Dinas Pendidikan dan dikirim ke dipsd.kemdikbud.
Anda dapat mendownload surat resmi Program Indonesia Pintar dari ditpsd.kemdikbud 

Setelah anda memahami mekanisme cara pengajuan siswa calon penerima dana PIP 2015, berikut cara verval KPS untuk pengajuan PIP 2015 pada aplikasi verivikasi Indonesia Pintar (VIP) Kemdikbud :

1. Silahkan anda tuju halamanini, maka akan muncul tampilan seperti ini : 


2. Kemudian klik tombol masuk dengan dapodik, untuk login dengan menggunakan username (user) dan pasword sama dengan aplikasi dapodik, dan berikut tampilannya :


Catatan : Jika anda tidak bisa login di laman pip.kemdikbud.go.id, klik lupa pasword ==> masukan email ==> cek inbok email anda.

3. Silahkan tunggu beberapa saat
Tampilan loading ketika berhasil login aplikasi verivikasi kemdikbud (pip.kemdikbud.go.id) 
4. Selanjutnya akan tampil seperti ini :
Tampilan Awal (Beranda) Aplikasi VIP pip.kemdikbud.go.id
5. Silahkan Klik menu Penjaringan BSM, untuk memulai Mengupload Penjaringan BSM dan Input Penjaringan BSM, Agar lebih jelasnya perhatikan gambar :
Menu Penjaringan Pada Aplikasi pip.kemdikbud.go.id
6. Setelah melakukan penjaringan BSM melalui laman pip.kemdikbud, selanjutnya ada menu Validasi BSM. berikut tampilan menu validasi BSM pada aplikasi pip kemdikbud :
Menu Validasi BSM pada Aplikasi pip.kemdikbud.go.id
7. Menu selanjutnya adalah Laporan, yang berisi antara lain laporan rekapitulasi penerima BSM, Laporan rekapitulasi usulan BSM, laporan rekapitulasi verivikasi KPS, dan yang terakhir adalah rekapitulasi validasi ulang KPS. untuk melihat tampilannya, berikut gambarnya :
Tampilan Laporan Rekapitulasi Usulan BSM dan Verifikasi KPS
Demikian penjelasan mengenai Mekanisme PIP 2015 dan Panduan Verval KPS/KIP/KKS di Aplikasi VIP Kemdikbud yang bisa saya sampaikan.

Jika Anda menyukai Artikel di web ini, Silahkan berikan komentarnya atau like untuk menuju facebook Admin Kang Zae silahkan KLIK DI SINI dengan begitu Anda bisa berinteraksi dengan saya.... Waw... Berinteraksi ...!! kaya Uka-uka aja ya...!! Hehe... 

NB : Mudah-mudahan OPS Wilbi 6 Kab. Lebak pertamakalinya yang mengunjungi info ini.... dan mudah-mudahan mereka mengetahuinya sebelum artikel ini diterbitkan !!

Jangan lupa Download Format Formulir Usulan Sekolah (FUS) Calon Penerima BSM Tahun 2015 KLIK DISINI YA...

Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 10:59:00

0 komentar:

Post a Comment