Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prosedur / Mekanisme Tata Cara Memasukkan NISN Baru Ke Aplikasi Dapodikdas Tahun Pelajaran 2015/2016

Salam Sejahtera – Dengan adanya mekanisme alur memasukkan NISN Baru Ke Aplikasi Dapodikdas Tahun Pelajaran 2015/2016, maka saya akan berbagi tutorialnya pada artikel ini, bagi sahat OPS se Tanah Air yang masih kebingunngan silahkan ikuti langkah saya di sini :

Setelah Operator Sekolah sudah melakukan Verval PD yang dikerjakan di alamat vervalpd.data.kemdikbud.go.id dengan tuntas sampai dengan tahap konfirmasi data Peserta Didik, Silahkan Lakukan langkah selanjutnya OPS sinkron melalui Aplikasi Dapodikdas yang perlu dilakukan untuk menurunkan NISN dari server ke Localhost. Ingat …. Akan tetapi NISN baru akan dapat muncul di Aplikasi Dapodikdas setelah proses PUSH data NISN dari server Verval PD PDSP ke server Dapodik.

Sehingga dalam mengupdate NISN ke Aplikasi, maka tidak perlu dilakukan generate prefill baru yang pernah kita lakukan Pada Tahun Pelajaran 2014/2015 sebelumnya. Silahkan pahami Langkah mudah untuk menurunkan NISN ke localhost aplikasi Dapodikdas adalah sebagai berikut :

1. Cek terlebih dahulu pada Link vervalpd.data.kemdikbud.go.id, untuk memastikan presentase pada beranda aplikasi yakni pada residu sudah 100% atau NISN Peserta Didik telah tampil pada tab “Referensi”.

2. Silahkan Cek pada progress pengiriman dengan cara login terlebih dahulu dengan akun dan password Operator Sekolah yang sudah terdaftar atau menggunakan kode registrasi aplikasi Dapodik pada LInk Berikut.

3. Silahkan Cek Data Peserta Didik baru, apakah sudah tercantum NISN pada hasil cek pada server Dapodik
Gambar : Tampilan Link Akun Sekolah
4.   Jika belum masuk, maka dipastikan Generate Prefill pun juga tidak akan muncul NISN-nya. Pada Aplikasi Dapodikdas Lokal

5.  Jika sudah muncul NISN baru di progress pengiriman tersebut, silahkan lakukan sinkronisasi, maka NISN akan turun di local host Aplikasi Dapodikdas.

Dengan demikian secara singkat alur memasukan NISN ke Aplikasi Dapodik setelah sinkronisasi berhasil dilakukan adalah sebagai berikut : Server Dapodik ---> Server PDSP Kemdikbud --> Push NISN ke server Dapodik ---> Sinkronisasi kembali untuk menampilkan NISN ke Aplikasi Dapodikas.

Demikian tutorial mengenai Prosedur / Mekanisme Alur dan Cara Memasukkan NISN Baru Ke Aplikasi Dapodikdas Tahun Pelajaran 2015/2016. Semoga Artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami. Terimakasih… Salam satu data berkualitas…!

Posting Komentar untuk "Prosedur / Mekanisme Tata Cara Memasukkan NISN Baru Ke Aplikasi Dapodikdas Tahun Pelajaran 2015/2016"