Download Aplikasi Menghitung Nilai KKM Otomatis

Download Aplikasi Menghitung Nilai KKM Otomatis ini dirancang sedemikian rupa untuk memudahkan para dewan guru di nusantara dalam pembuatan nilai KKM setiap mata pelajaran di satuan pendidikan masing-masing, dengan Aplikasi ini anda akan mudah membuat sebuah mata pelajaran yang ditentukan.

Apa KKM itu ?


KKM sering disebut dengan Kriteria Ketuntasan Minimal suatu Mata Pelajaran dan Satuan pendidikan diharapkan meningkatkan kriteria Ketuntasan Belajar secara terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal.

Baca Juga : Download Aplikasi Konversi Nilai Kurikulum 2013 ke KTSP 2006

Dalam Menentukan KKM ini biasanya ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan seperti memberikan sebuah nilai pada Kriteria Penetapan Ketuntasan yaitu Kompleksitas, Daya Dukung dan Intake, biasanya memberikan nila 1 - 3.

Saya Rasa sobat sudah mengetahui tujuan dan maksud dari Aspek Kompleksitas, Daya Dukung dan Intake, sedikit saya gambarkan :

1. Aspek Kompleksitas

Semakin Komplek (sulit) Kompetensi Dasar (KD) maka nilainya semakin rendah tetapi semakin mudah Kompetensi Dasar (KD) maka nilainya semakin tinggi. Ini bisa dilihat dari indikator atau tujuan pembelajaran dari kompetensi tersebut.

Aspek Kompleksitas (Kesulitan dan Kerumitan) ini ditentukan bila dalam pelaksanaan pencapaiaan kompetensi menurut hal-hal sebagai berikut :
  • Pemahaman SDM, seperti: memahami kompetensi yang harus dicapai siswa dan memiliki pengetahuan dan kemampuan sesuai bidang studi.
  • Daya kreativitas dan inovasi dalam melaksanakan pembelajaran.
  • Waktu yang diperlukan untuk pencapaian kompetensi (menggunakan metode yang berpariasi)
  • Daya nalar dan kecermatan siswa yang tinggi.
  • Latihan khusus dengan bantuan orang lain.
  • Semakin kompleks atau sukar Kompetisi Dasar(KD) maka nilainya semakin rendah, tetapi semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi.

2. Aspek Sumber Daya Pendukung

Aspek Sumber Daya Dukung ini semakin tinggi maka nilainya semakin tinggi, sebaliknya jika Sumber Daya Pendukung seperti sarana dan prasarana tidak mendukung nilainya semakin rendah.

Aspek daya dukung ini meliputi Ketersediaan tenaga SDM (sumber daya manusia) maupun Sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan misalkan Biaya Operasional Sekolah (BOS), Manajemen Sekolah, serta Kepedulian Stakeholder Sekolah.

3. Aspek Intake

Aspek Intake adalah kemampuan awal peserta didik, bisa dilihat dari hasil sebelumnya atau pre test. Semakin tinggi rata-rata kemampuan awal peserta didik maka nilainya akan semakin tinggi. Kemampuan rata-rata yang dimiliki siswa untuk mencapai kompetensi misalkan, Hasil seleksi PSB, SKHU, dan nilai Rapor.

Nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) setiap Kompetensi Dasar (KD) diperoleh dari rata-rata nilai ketiga aspek di atas. Misalnya sebuah KD ditentukan nila kompleksitasnya 70, sumber daya pendukung 60, dan intakenya 80 maka nilai KKM dari KD tersebut adalah 70 [(70+60+80)/3=70]. Sedangkan untuk menentukan KKM mata pelajaran yaitu dengan menjumlahkan seluruh KKM KD, lalu dibagi dengan jumlah KD (rata-ratanya).

Baca Juga : Download Aplikasi Koreksi Soal Pilihan Ganda

KKM setiap mata pelajaran pada setiap kelas tidak sama tergantung pada kompleksitas KD, daya dukung, dan potensi peserta didik. Begitu pun juga dengan setiap kelas / bidang studi, tidak sama dan ditentukan oleh masing-masing guru kelas atau guru bidang studi.

Dengan demikian kami menyediakan sebuah Aplikasi Menghitung Nilai KKM Otomatis untuk mempermudah Perhitunggannya, seperti yang dijelaskan dalam Aspek Inate di atas. 

Jika Bapak/Ibu Guru tertarik dengan Aplikasi Perhitungan Nilai KKM secara Otomatis ini silahkan Download Di bawah ini :

Download Aplikasi Menghitung Nilai KKM Otomatis


Baca Juga : Aplikasi Buku Raport Sementara SMP 2013

Demikian Artikel kali ini yang bisa kami bagikan kembali, mudah-mudahan bermanfaat, mulai sekarang sobat bisa membuat Nilai KKM dengan simpel dan Mudah. Jika Aplikasi ini bermanfaat silahkan bagikan melalui media sosial yang soabat inginkan. 


Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 06:49:00

0 komentar:

Post a Comment