Cara Menghitung Standar Deviasi dengan Ms. Excel

Hallo Sahabat Semuanya, pada malam ini saya akan membahas tentang Cara Menghitung Standar Deviasi dengan Ms. Excel secara mudah dan simpel tanpa harus mengunakan rumus standar deviasi, tetapi kita cukup menggunakan Microsoft Excel.

Sebenarnya kita bisa saja menggunakan rumus standarnya tetapi menurut saya itu menjadikan kita lamban dalam menghitung Standar Deviasi.

Pernahkah Sahabat anda mempunyai tugas untuk menghitung standar deviasi baik sewaktu kuliah atau bahkan ketika menjadi tugas tambahan sebagai kurikulum di sekolah, kemudian disuruh melakukan Pretes Ujian Nasional.

Nah... Coba kita perhatikan Nilai Ujian Nasional yang telah dikirimkan ke setiap Satuan Pendidikan Masing, disana terdapat Nilai Standar Deviasi.

Pernahkah anda memikirkannya, darimana Nilai tersebut? saya yakin anda sudah mengetahuinya dan saya pun percaya hal tersebut tidak aneh lagi bagi kita semua darimana nilai standar deviasi tersebut.

Standar Deviasi ini memiliki Rumus yang sudah Masyhur kita ketahui, di bahwa ini saya akan tuliskan kembali Rumus Manual Standar Deviasi yang sering kita Gunakan dalam menghitung Statistik, berikut adalah rumusnya :
Rumus Standar Deviasi Manual
Di atas adalah rumus manual Standar Deviasi, Jika sobat ingin mengitungnya sudah jelas, harus mencari nilai SUM, Rarta-Rata secara manual dan nilai lainnya.

Dengan menggunakan Microsoft Office Excel ini kita pekerjaan menghitung standar deviasi akan teratasi dengan mudah, cepat dan pasti nilainya, tanpa mencari nilai akar dan sebagainya, cukum menuliskan nilai-nila yang mau dihitung ke dalam Microsoft Office Excel.

Tetapi saya ingin menggambarkan terlebih dahulu sebelum ke topik permasalahan, yaitu Cara Menghitung Standar Deviasi dengan Ms. Excel

Mungkin saja sobat bertanya Bagaimana jika saya memberikan materi tersebut dengan rumus manual kepada siswa-siswi saya. 

Ok... Dimana rumus manual standar deviasi ini bisa sobat cari terlebih dahulu dengan langkah perhitungan manual dianataranya adalah sebagai berikut :

1. Menentukan Rata-rata dari data
2. Mengurangi satu persatu data-data dengan nilai rata-rata
3. Hasil pengurangan di atas dikuadratkan satu persatu
4. Hasil kuadrat tersebut dijumlahkan
5. Selanjutnya dibagi dengan (n-1) jumlah data dikurangi 1 kemudian diakarkan.

Saya Rasa sobat sudah paham dengan pengerjaan, tetapi alangkah repotnya jika dihitung secara manual dengan kemampuan perhitungan kita, tetapi tidak ada masalah jika hal tersebut tidak memberatkan.

Dari perjalanan perhitungan di atas, saya akan memberikan solusi untuk mempermudah bagaimana cara menghitung nilai standar deviasi pada Microsoft Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya :

Misalkan saya akan memberikan data 80, 70, 80, 95, 75, 80, 90.

1. Memasukan Data pada Microsoft Excel

Langkah pertama silahkan sobat buka Microsoft Office Excel, kemudian silahkan buat kolom Data dengan Format Data seperti berikut, tetapi ingat ini sebagai contoh saja dan silahkan sesuai dengan apa yang hendak sobat cari atau buat :
Gambar Ilustrasi : Menggunakan Rumus Excel "STDEV(B2:B8)
Gambar diatas menujukan bahwa rumus Standar Deviasi bisa dicari dengan rumus STDEV (B2:B8), silahkan sesuaikan saja dengan Data Anda.

2. Mencari Hasil Standar Deviasi

Jika sobat sudah memaskukan rumus seperti di atas, kemudian silahkan sobat Enter pada Keyboard Komputer atau Laptop sobat, nah.. hasil akhir dari standar deviasi diatas adalah 8.52. ini saya sederhanakan dua angka dibelakang koma, atau hasilnya seperti gambar di bawah ini :
Gambar Ilustrasi Hasil Perhitungan Standar Deviasi
Dengan demikian sobat bisa mengetahui nilai standar deviasinya tanpa harus menghitung secara manual, jika sobat masih ragu, silahkan Gunakan rumus manualnya, apakah hasilnya sama atau beda.

Demikian artikel kali ini yang bisa saya tuliskan di blog Info Guru dengan judul Cara Menghitung Standar Deviasi dengan Ms. Excel, semoga bermanfaat, dan jangan sungkan-sungkan jika masih ada pertanyaan. Terimakasih


Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 08:44:00

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete