EDS 2020 Covid 19

Download Aplikasi Pendukung PMP 2017 untuk Pengisian Kuesioner - PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) Tahun 2017 sudah muncul di depan mata Operator Sekolah, bahkan mungkin menghantui jika PMP tersebut belum dikerjakan. Sedangkan Kewajiban Operator Sekolah bukan untuk mengisi semua kuesioner yang ada di Aplikasi PMP 2017.

Ada juga Operator Sekolah memberikan Lembaran Kuesioner Manual yang hasil Print Out kemudian diberikan kepada Kepala Sekolah, Siswa, Guru/PTK/ Pengawas bahkan Komite sekolah, setelah beres di Isi Oleh, kemudian Operator Sekolah yang memasukannnya ke dalam Aplikasi PMP 2017 atas dasar Lembar Kuesioner yang sudah di Isi oleh Tiap-Tiap Responden.

Itu mungkin Idealnya apabila di sekolah cuma terdapat Satu laptop, mungkin Jika Laptopnya banyak Operator Sekolah bisa melakukannya dengan Cara Sharing Jaringan Wifi untuk mengakses Aplikasi PMP 2017.

Tetapi bagaimana Jika tidak ada respon ketika Operator Sekolah memberikan Informasi tentang Pengisian Kuesioner Kepala Sekolah, Siswa, PTK, Pengawas dan Komite ?? 

Apa yang harus dilakukan Oleh Operator Sekolah ?

Jelas-jelas apabila Pekerjaan tersebut tidak dikerjakan mungkin saja sekolah dapat masalah, dan Ujung-ujungnya Operator Sekolah yang disalahkan, sebab tidak mengisinya.

Bayangkan Apabila Kuesioner tersebut harus di isi oleh Operator Sekolah, mungkin Gempor Juga Operator. Di bawah ini saya berikan contoh yang dibutuhkan Pengisian Kuesioner Tahun 2017 ini di Sekolah Saya adalah Sebagai Berikut :
Gambar : Contoh Permintaan Pengisian Kuesioner PMP 2017
Dari tabel di atas, mungkin saja tiap sekolahnya berbeda-beda, silahkan simak baik-baik tabel di atas untuk menegtahui Jumlah Calon Responden dan Jumlah Minimal Responden Mengisi Kuesioner :

Dari Jumlah 135 Peserta Didik Minimal Responden Mengisi Kuesioner adalah 15 Siswa
Dari Jumlah 23 PTK Minimal Responden Mengisi Kuesioner adalah 10 PTK
Komite Minimal Responden Mengisi Kuesioner adalah 3 Komite
Pengawas Minimal Responden Mengisi Kuesioner adalah 1 Pengawas 

Nah... !! Bagaimana Jika sobat mengalami nasib yang tidak diinginkan... Sobat di suruh mengisi semua sendirian Kuesioner Tersebut ... ??

Jika sobat berminat silahkan gunakan Aplikasi Pendukung PMP 2017 yaitu Aplikasi Faster PMP 2017, dengan Aplikasi tersebut, pekerjaan sobat akan terasa ringan. Silahkan Download di di bawah ini :

Download Aplikasi Faster PMP 2017

Jika sudah di Download Aplikasi Faster PMP 2017 di atas, silahkan Install dan Ingat Jangan lupa Baca Panduannya, Panduan sudah tersedia dalam Folder Aplikasi Faster PMP 2017.
Note :
Aplikasi Faster PMP 2017 versi 1.3 ini selain bisa membuat otomatisasi jawaban responden dengan acak terukur biar nilai rapor hasilnya cukup bagus. Aplikasi tersebut dilengkapi Fitur untuk salin jawaban responden (PTK dan PD) yang sudah mengerjakan biar bisa disalin ke responden lainnya dan menghapus Kuesioner Responden yang ingin dibatalkan.
Gambar : Aplikasi Faster PMP 2017
Untuk lebih Jelasnya Cara Penggunaannya, silahkan simak Video Tutorialnya pada Channel Kumpulan Tutorial KJ DI SINI ...!!

Demikian Artikel kali ini saya buat, semoga bisa membantu Operator Sekolah dalam Pengerjaan Kuesioner PMP 2017, jangan lupa Like dan Share kembali. 

Rilis Aplikasi EDS 2020 Covid-19


Kali ini akan Update kembali tentang informasi EDS 2020 COVID 19 terusan dari Bimbingan Teknis Pemetaan Mutu 2020,  melalui Video Conference minggu kemarin.

Sesuai berita yang kami dapat pada Tanggal 22 Oktober 2020, pada situs PMP Dikdasmen mengenai EDS 2020 COVID 19.

Dalam rangka pengumpulan data Evaluasi Diri Sekolah (EDS) tahun 2020 di masa darurat Covid-19, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah merilis Aplikasi EDS 2020 Covid-19. Prosedur pengumpulan data telah mengalami penyesuaian agar efektif digunakan di masa darurat pandemi Covid-19, diantaranya sebagai berikut:
  • Instrumen disusun mengacu pada standar nasional pendidikan dan kebijakan penyelenggaraan pendidikan selama masa darurat Covid-19 melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) dan Keputusan Bersama 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa darurat COVID-19.
  • Responden yang terlibat dalam pengumpulan data EDS tahun 2020 adalah Kepala Sekolah dan Guru. Bagi sekolah yang menyelenggarakan belajar dari rumah (BDR), responden dapat melakukan pengisian instrumen menggunakan Aplikasi Offline Surveys melalui ponsel Android. Hasil pengisian instrumen dikirim kepada operator sekolah menggunakan media daring untuk diunggah pada Aplikasi EDS 2020 Covid-19.
  • Operator sekolah berperan sebagai terminal data, dengan memastikan hasil pengisian instrumen dari responden masuk ke Aplikasi EDS. Setelah progres data lengkap, operator sekolah melakukan sinkronisasi data EDS.
  • Pengawas sekolah melakukan supervisi penjaminan mutu pendidikan pada sekolah binaannya melalui Aplikasi e-Supervisi Mutu versi Android yang dapat diunduh di google play store
Sasaran pengumpulan data mutu menggunakan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 adalah satuan pendidikan SD, SMP, SMA, SPK, dan SLB. Adapun untuk pengumpulan data mutu satuan pendidikan SMK dikelola oleh Ditjen Vokasi. Untuk kesempatan rilis saat ini Aplikasi EDS 2020 Covid-19 sudah dapat digunakan oleh satuan pendidikan SD, SMP, dan SMA. Untuk satuan pendidikan SPK dan SLB akan diakomodasi pada kesempatan rilis tahap selanjutnya.

Aplikasi EDS 2020 Covid-19 dirilis dalam 2 tahap. Tahap-1 akan dirilis installer dengan fokus tujuan pada pengumpulan data EDS. Tahap-2 akan dirilis patch untuk penghitungan rapor mutu. Berikut daftar pembaruan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 pada tahap-1:
  • Pembaruan instrumen tahun 2020
  • Perubahan jenis dan jumlah responden
  • Mekanisme registrasi menggunakan tarik data dari Aplikasi Dapodik Sekolah
  • Import file pengisian instrumen dari Aplikasi Offline Surveys
  • Konfigurasi akses aplikasi EDS menggunakan jaringan lokal/internet

Aplikasi EDS 2020 Covid-19 dirilis dalam bentuk installer. Sekolah wajib melakukan uninstall aplikasi EDS versi sebelumnya terlebih dahulu. Untuk kelancaran installasi dan penggunaan Aplikasi EDS Covid 19 sekolah diharapkan memperhatikan panduan teknis sebagai berikut:
  • Pastikan Aplikasi Dapodik versi terbaru sudah terinstal.
  • Hapus/uninstall Aplikasi EDS versi sebelumnya (Aplikasi EDS versi 2020.08.17)
  • Diharuskan untuk melakukan restart komputer untuk melengkapi proses hapus/uninstall Aplikasi EDS versi sebelumnya.
  • Instal aplikasi EDS 2020 Covid-19 sampai selesai. 
  • Lakukan registrasi dengan memilih salah satu cara registrasi
  • Registrasi dengan Dapodik lokal. Proses registrasi ini menarik data dari Aplikasi Dapodik yang terinstal di komputer milik sekolah. Proses registrasi tidak memerlukan koneksi internet (Offline)
  • Registrasi dengan prefill EDS. Proses registrasi ini mengambil data dari server EDS menggunakan mekanisme prefill. Prefill dapat diunduh pada menu unduhan di laman PMP. Registrasi menggunakan prefill disarankan bagi sekolah yang sudah melakukan sinkronisasi data EDS
  • Pilih kandidat responden di manajemen pengguna
  • SD/SLB : 9 responden ( 1 kepala sekolah dan 8 guru)
  • SMP/SMA : 11 responden (1 kepala sekolah dan 10 guru)
  • Pengisian instrumen oleh responden dilakukan melalui Aplikasi Offline surveys di ponsel android. Hasil pengisian berupa file DBResult.csv dikirimkan kepada operator sekolah.
  • Operator sekolah mengunggah/import file DBResult.csv ke Aplikasi EDS 2020 Covid-19. Disarankan setelah proses import selesai melakukan hitung ulang total kemajuan yang ada di beranda.
  • Operator sekolah memastikan progres data sudah 100% melalui menu hitung kemajuan, kemudian melakukan sinkronisasi data EDS. Sinkronisasi hanya dapat dilakukan setelah hitung kemajuan mencapai 100%.

Download Aplikasi EDS 2020 COVID 19

Tujuan Aplikasi Aplikasi EDS 2020

  • Melalukan Melalukan Melalukanpemetaan pemetaan pemetaan kondisi mutu pendidikan pendidikan pendidikandi masa di masa pandemi Covid -19
  • Memberikan Memberikan Memberikan rekomendasi rekomendasi rekomendasi dan tindak lanjut bagi satuan satuan pendidikan pendidikan pendidikandi masa di masa pandemi

Sasaran PemetaanPemetaan PemetaanMutu 2020

Sasaran Sasaran Pemetaan PemetaanMutu Pendidikan Pendidikan Pendidikan TahunTahun Tahun 2020 yaitu yaitu :
1. SD
2. SMP
3. SLB
4. SMA
5. SMK

Responden Aplikasi EDS 2020 EDS

  • Kepala Sekolah 1 
  • Guru SD/SLB (Guru Kelas, Guru Agama, dan Guru Penjas) Minimal 8 Reponden
  • Guru SMP/SMA (Guru Mata Pelajaran) Minimal 10 Responden
  • Adapun Siswa dan Komite Sekolah ditiadakan

Platform Aplikasi

Perlu diketahui oleh bapak ibu operator sekolah, bahwa Platform Aplikasi EDS 2020 terdapat dua bagian yaitu Versi Mobile Android (OFFLINE SURVEYS) dan Versi Desktop (EDS 2020 OFFLINE)

Alur Aplikasi EDS 2020

Bapak ibu operator sekolah bisa memahami alur dari aplikasi EDS 2020, yang kami sajikan pada gambar di bawah ini:

EDS 2020 Covid 19


Cara Menggunakan Aplikasi Mobile EDS 2020 COVID 19 / PMP Dikdasmen 2021

Mobile (OFFLINE SURVEYS)

  1. Instalasi aplikasi via Google Play Store 
  2. Pengambilan instrument dari Server 
  3. Pengisian instrumen EDS 2020 oleh masing -masing Responden 
  4. Submit pengisian selesai melalui Smartphone masing -masing
  5. Ekspor hasil pengisian menjadi CSV
  6. Kirim file CSV kepada Operator Sekolah 

Cara Menggunakan Aplikasi Desktop EDS 2020 COVID 19 / PMP Dikdasmen 2021

Desktop (EDS 2020 OFFLINE)

  1. Instalasi Aplikasi
  2. Registrasi (Tarik Data Dapodik atau Prefill)
  3. Import File Pengisian EDS Via Android
  4. Pilih Kandidat Responden
  5. Pengisian Instrumen EDS 2020* (alternatif)
  6. Cek Progres Pengisian
  7. Hitung Rapot Mutu
  8. Sinkronisasi

Gambaran Aplikasi EDS 2020

Adapun gambaran aplikasi EDS 2020 ini bisa kita lihat dan fahami pada tabel berikuti ini, agar kita mengetahuinya secara seksama.

EDS 2020 Covid 19

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Panduan teknis penggunaan Aplikasi secara lengkap dapat dipelajari pada dokumen panduan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 08:03:00

10 komentar:

  1. aplikasi udah hilang. yg udah download kirim ksini donks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa Ko... Jika menemukan Adf.. silahkan lewati/skip

      Delete
    2. ISI NYA ADA 3 FOLDER:
      1. Driver Pendukung (ada)
      2. Faster PMP 1.5c (isi nya cuma panduan)
      3. Faster PMP 2.0 (isinya cuma panduan dan driver psqlodbc)

      Yang bilang ADA... mana? mohon di tinjau ulang. Udah banyak yang bilang file app nya tidak ada.

      Delete
    3. bener tu mas...memang gak ada

      Delete
    4. dibaca lagi... link sudah diperbaiki

      Delete
    5. ada yang tau cara salin jawaban dari PTK sekolah lain??

      Delete
  2. lebayy..
    klo emang ada tolng dong di bagikn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibaca lagi... link sudah diperbaiki

      Delete
    2. bukan karena link.nya tapi di google drive tu aplikasinya tidak ada, butuh reupload

      Delete
  3. WKWKWK PAKAI MASTER AJA BIAR CEPAT GAN..

    ReplyDelete