Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru (Inobel) Jenjang SMP Tingkat Nasional 2018

Hallo sahabat Guru semua, sebelumnya kami sudah menginformasikan Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Jenjang SD Tingkat Nasional 2018 yang sudah bisa sobat Download pada Situs www.infokeguruan.com ini.

Nah... pada postingan kali ini kami akan membagikan kembali yaitu Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru (Inobel) Jenjang SMP Tingkat Nasional 2018 yang bisa Download kembali.

Tetapi sebelum ke inisarinya, kami akan menjelaskan sedikit tentang Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru (Inobel) Jenjang SMP Tingkat Nasional 2018.

Pendidikan abad 21 menuntut guru untuk menghasilkan generasi global yang memiliki kemampuan berpikir kritis, memiliki kreativitas tinggi, dapat berkomunikasi secara efektif, dan mampu berkolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan inovasi dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan. Oleh karena itu, guru perlu melakukan inovasi dalam memfasilitasi peserta didik memiliki kemampuan tersebut. Dukungan pemerintah dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi guru diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel).

Inobel merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar yang bermutu agar peserta didik dapat beradaptasi dengan tuntutan-tuntutan abad 21. Melalui perlombaan ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran.

Pedoman ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi panitia penyelenggara, guru, tim penilai/juri, Sekolah Menengah Pertama, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam melaksanakan perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi guru SMP secara efektif dan efisien.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup kegiatan Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 berisi tentang pengalaman pembelajaran/layanan terbaik yang merupakan hasil inovasi/hal-hal baru/pembaruan dalam model, pendekatan, strategi, metode,dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil inovasi dituangkan dalam bentuk naskah yang dikirim dalam jaringan (daring) melalui laman http://www.kesharlindungdikdas.id.

Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran ini ditujukan untuk guru dalam tiga bidang, yaitu:
  1. Guru . mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IP A) menggunakan kode MIP A.
  2. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), PPKn, dan Bahasa menggunakan kode IPSPB.
  3. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan (PJOK), Prakarya, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Muatan Lokal (Mulok), dan Bimbingan Konseling (BK) menggunakan kode SORAK.

Terna dan Isi Karya Perlombaan

Terna Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2018: "lnovasi Pembelajaran untuk Menjawab Tuntutan Abad 21"

Adapun isi karya perlombaan inovasi pembelajaran/pembimbingan mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, model, strategi, metode, teknik dan media pembelajaran/pembimbingan.

Ketentuan Perlombaan

Persyaratan peserta Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2018:

Persyaratan kelengkapan pindaian (scan) yang diunggah pada halaman administrasi:
  1. Bukti Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
  2. Bukti kualifikasi akademik minimal Sarjana (S-1) atau Diploma 4 (D-IV) dengan melampirkan pindaian fotokopi ijazah yang dilegalisasi oleh atasan;
  3. Bukti surat rekomendasi untuk mengikuti perlombaan dari kepala sekolah dan tembusan disampaikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota (lihat Lampiran 3);
  4. Bukti surat keterangan tidak sedang dalam tugas belajar yang dibiayai Pemerintah ada pada Lampiran 4).
Untuk lebih jelasnya mengenai informasi Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru (Inobel) Jenjang SMP Tingkat Nasional 2018 silahkan sobat download pada link di bawah ini :

Download Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru (Inobel) Jenjang SMP Tingkat Nasional 2018


Demikian info hari ini yang dapat kami share kembali, mudah-mudahan bermanfaat, dan jangan lupa like dan share kembali. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru (Inobel) Jenjang SMP Tingkat Nasional 2018"