LK-3. FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN

Pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS, peran guru tidak banyak menerangkan, sebaliknya guru banyak melakukan stimulasi pertanyaan untuk mendorong memunculkanya pikiran-pikiran orsinil peserta didik.

Dalam praktik pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir ingkat tinggi atau HOTS, pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat diklasifikasikan kedalam empat macam pertanyaan yang menjadi sarana penting bagi guru untuk melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik. 

Proses pembelajaran dapat dipadankan dengan suatu proses ilmiah, karena itu Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Pendekatan saintifik diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. 

Dalam pendekatan atau proses kerja yang memenuhi kriteria ilmiah, para ilmuwan lebih mengedepankan penalaran induktif (inductive reasoning) yang memandang fenomena atau situasi spesifik untuk kemudian menarik simpulan secara keseluruhan. Metode ilmiah merujuk pada teknik-teknik investigasi atas suatu fenomena/gejala, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan memadukan pengetahuan sebelumnya. 
LK-3. FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN
Ada dua Model Pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013, yang akan bapak-ibu bahas pada In ke 2 yaitu:

Model Penemuan/Penyingkapan

1. Discovery Learning. Model pembelajaran Discovery Learning adalah memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. 

Adapun Sintak Model Discovery Learning adalah sebagai berikut :
1. Pemberian rangsangan (Stimulation);
2. Pernyataan/Identifikasi masalah (Problem Statement);
3. Pengumpulan data (Data Collection);
4. Pengolahan data (Data Processing);
5. Pembuktian (Verification), dan
6. Menarik simpulan/generalisasi (Generalization).

2. Inquiry Learning, model pembelajaran yang dirancang membawa peserta didik dalam proses penelitian melalui penyelidikan dan penjelasan dalam setting waktu yang singkat.

Adapun sintak/tahap model inkuiri meliputi:
a)   Orientasi masalah;
b)   Pengumpulan data dan verifikasi;
c)   Pengumpulan data melalui eksperimen;
d)   Pengorganisasian dan formulasi eksplanasi, dan
e)   Analisis proses inkuiri.

Problem Based Learning (PBL)

Model pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna, relevan, dan kontekstual 

Adapun sintak model Problem Based Learning (PBL) adalah sebagai berikut:
a)  Orientasi peserta didik pada masalah
b)  Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
c)  Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
d)  Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
e)  Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Project Based Learning (PJBL)

Model Project Based Learning adalah Model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa dalam memecahkan masalah, dilakukan secara berkelompok/ mandiri melalui tahapan ilmiah dengan batasan waktu tertentu yang dituangkan dalam sebuah produk untuk selanjutnya dipresentasikan kepada orang lain. 

Adapun sintak dari Project Based Learning (PJBL) adalah sebagai berikut :
a)  Pertanyaan mendasar
b)  Mendesain perencanaan produk
c)  Menyusun jadwal pembuatan
d)  Memonitoring keaktifan dan perkembangan proyek
e)  Menguji hasil
f)  Evaluasi penglaman belajar

Itulah gambaran yang akan diberikan oleh Guru Inti (GI) pada In 2 Kegiatan 2 yaitu Desain Pembelajaran Berorientasi HOTS yang bisa bapak-ibu pelajari, kemudian bapak ibu diminta untuk mengerjakan Lembar Kera (LK-3) FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN. Jika bapak ibu memerlukan Contoh LK-3 di atas, silahkan Download saja pada link di bawah ini:

LK-3. FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN
LK-3. FORMAT DESAIN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL PEMBELAJARAN 

Jika LK-3 di atas bermanfaat, silahkan bapak ibu berikan komentarnya pada kolom omentar yang sudah disediakan, dan jangan lupa bagikan artikel ini ke jaringan sosial yang bapak ibu gunakan, sebelunya kami ucapkan terimakasih.


Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:10:00

0 komentar:

Post a Comment