LK-4 PENILAIAN BERORIENTASI HOTS

Berfikir tingkat tinggi merupakan kemampuan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). 

Keterampilan berpikir tingkat tinggi sebagai problem solving diperlukan dalam proses pembelajaran, karena pembelajaran yang dirancang dengan pendekatan pembelajaran berorientasi pada keterampilan tingkat tinggi tidak dapat dipisahkan dari kombinasi keterampilan berpikir dan keterampilan kreativitas untuk pemecahan masalah.

Keterampilan pemecahan masalah merupakan keterampilan para ahli yang memiliki keinginan kuat untuk dapat memecahkan masalah yang muncul pada kehidupan seharihari. Peserta didik secara individu akan memiliki keterampilan pemecahan masalah yang berbeda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. 
LK-4 PENILAIAN BERORIENTASI HOTS
Menurut Mourtos, Okamoto dan Rhee [16], ada enam aspek yang dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana keterampilan pemecahan masalah peserta didik.

Adapun Karakteristik Soal HOTS adalah sebagai berikut:
  • Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi 
  • Berbasis permasalahan kontekstual 

Langkah-langkah Penyusunan soal HOTS

  • Menyusun kisi-kisi soal.
  • Menentukan indikator kunci yang akan dibuatkan soal. Apabila indikator kunci belum berada di level kognitif 3 (penalaran), buatlah tambahan soal dari indikator pengayaan. 
  • Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual.
  • Menulis butir pertanyaan pada kartu soal sesuai dengan kisi-kisi soal. 
  • Membuat pedoman penskoran atau kunci jawaban.

Untuk bapak-ibu yang ingin melihat isian dari LK-4 Penilaian Berorientasi HOTS, silahkan Download langsung LK-4 di bawah ini:

DOWNLOAD LK-4. PENILAIAN BERORIENTASI HOTS

Demikian artikel kali ini tentang LK-4 Penilaian Berorientasi HOTS, semoga bermanfaat, jangan lupa berikan komentarnya pada kolom komentar yang sudah disediakan. dan jangan lupa bagikan dan like artikel ini ke jaringan sosial yang bapak-ibu gunakan. Terimakasih

Baca Juga : Tagihan Peserta PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) Berbasis Zonasi 2019




Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:40:00

0 komentar:

Post a Comment