PKP IN 2 LK-2 Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS

Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik dan mengahasilkan lulusan yang berkualitas. Guru profesional adalah guru yang kompeten dalam membangun dan mengembangkan proses pembelajaran yang baik dan efektif sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang pintar dan pendidikan yang berkualitas.

Hal tersebut menjadikan kualitas pembelajaran sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kualitas lulusan peserta didik.

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang pada tahun 2018 telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan pembelajaran berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS).
PKP IN 2 LK-2 Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS
Peningkatan kualitas peserta didik salah satunya dilakukan oleh guru yang berfokus pada peningkatan kualitas pembelajaran di kelas dengan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Desain peningkatan kualitas pembelajaran ini merupakan upaya peningkatan kulaitas peserta didik yang pada akhirnya meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan sebuah buku pegangan guru yang memberikan keterampilan mengembangkan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.

Adapun tujuan dari PKP Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS yang dilaksanakan pada IN 2 ini adalah Mengembangkan pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills).

Langkah-langkah pada kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Menentukan unit pembelajaran yang akan dipelajari oleh peserta didik pada waktu On-2 dan On-3!
  2. Menentukan unit pembelajaran berdasarkan KD pada semester yang sedang berjalan berdasarkan pada program semester yang telah disusun! 
  3. Menentukan  dua unit pembelajaran untuk setiap siklus pembelajaran!
  4. Guru kelas (tematik terpadu) memilih unit pembelajaran untuk pembelajaran On-2 atau ON-3 boleh satu unit atau lebih dari dua unit, tetapi ditetapkan pada satu siklus mempelajari dua unit pembelajaran.
  5. Melakukan analisis terhadap unit pembelajaran yang sudah dipilih dengan menggunakan lembar kerja LK-2
  6. Presentasi hasil analisis LK-2
Nah... dari kegiatan tersebut, bapak ibu akan diberikan tugas untuk mengisi Lembar Kerja (LK-2), untuk mempermudah bapak ibu dalam pengerjaan LK-2 di In 2, admin akan memberikan contohnya, yang bisa di download pada link di bawah ini:

DOWNLOAD LK-2 ANALISIS UNIT PEMBELAJARAN

Dengan disajikan LK-2 Analisis Unit Pembelajaran di atas, semoga bapak-ibu sudah ada gambaran bagaimana cara mengisi LK-2 Konsep dan Pendalaman Materi Pembelajaran Berorientasi HOTS

Jika postingan ini merasa bermanfaat, silahkan tuliskan komentarnya di kolom komentar di bawah yang sudah disediakn, untuk bahan revisi kami dalam membuat sebuah konten yang bermanfaat, silahkan bagikan dan like artikel ini ke jaringan sosial yang bapak-ibu gunakan. Terimakasih




Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 08:23:00

0 komentar:

Post a Comment