Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Slip Gaji Karyawan

Contoh Slip Gaji Karyawan - Slip gaji adalah salah satu komponen penting yang tidak boleh dilewatkan oleh perusahaan. Karyawan membutuhkannya untuk berbagai keperluan sebagai salah satu syaratnya. 

Lalu bagaimana dengan contoh cara membuat slip gaji sederhana untuk pegawai swasta di Word Excel Docs Online?

Intinya sama saja jika anda ingin membuat slip gaji karyawan baik swasta maupun negeri di sini saya akan sajikan Contoh Slip Gaji Karyawan yang bisa dijadikan sumber referensi


Format Slip Gaji

Slip gaji ini juga sebagai bentuk transparansi agar karyawan dapat melihat berbagai komponen gajinya. Walaupun teknologi saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi sebagian orang sebagian orang masih lebih memilih untuk melakukan pekerjaan secara manual.

Dalam proses penggajian perusahaan beberapa perusahaan mendapatkan keuntungan dari penggajian atau payroll online sementara yang lain menggunakan penggajian manual sederhana.

Jadi seperti apa gaji sebenarnya? Lihat artikel di bawah ini untuk penjelasan lebih lanjut. Jika Anda membutuhkan Slip Gaji Excel Otomatis silahkan Menuju Download Slip Gaji Excel Otomatis


Gaji Pokok Karyawan

Kemudian gaji pokok karyawan dapat diartikan sebagai kompensasi atau tunjangan yang diberikan oleh pemberi kerja atau perusahaan kepada karyawan yang bersifat pokok.

Besaran gaji pokok biasanya ditentukan sesuai dengan tingkat pekerjaan dan dituangkan dalam kesepakatan bersama dalam kontrak kerja.


Tunjangan Tetap dan Tidak Tetap Karyawan

Tunjangan karyawan ini merupakan salah satu insentif yang diberikan kepada seorang karyawan. Di mana untuk jenis tunjangan bisasanya terbagi menjadi tunjangan tetap dan tidak tetap.

Sedangkan menurut Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja: SE-07/MEN/1990 tunjangan tetap dan tidak tetap didefinisikan sebagai berikut:

  • Tunjangan Tetap adalah gaji tetap yang berkaitan dengan pekerjaan yang dibayarkan kepada karyawan dan keluarganya secara berkala dan dibayarkan bersamaan dengan pembayaran gaji pokok.
  • Imbalan tidak tetap adalah pembayaran kepada pekerja dan keluarganya yang dibayarkan kepada pekerja dan keluarganya secara tetap dan dibayarkan per satuan waktu sebagai pengganti gaji pokok yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan pekerja.

Potongan Gaji Karyawan

Selain gaji pokok dan tunjangan masih banyak contoh unsur lain yang harus disertakan dalam melengkapi penyangga gaji. Slip gaji adalah jenis pemotongan gaji yang dihitung secara manual atau online menggunakan aplikasi.

Bagian data pemotongan gaji pegawai ini termasuk pemotongan pajak penghasilan untuk PPh 21 Jaminan Kesehatan Pegawai BPJS Kesehatan dan Beban Kantor Potongan BPJS Ketenagakerjaan dll. Potongan gaji ini akan menunjukkan jumlah yang dipotong dari penghasilan karyawan.


Informasi Potongan Pajak

Seperti yang disebutkan sebelumnya informasi pengurangan pajak harus muncul di slip gaji Anda. Informasi ini tidak hanya akan memudahkan pengajuan SPT Tahunan Anda tetapi juga dapat menghindari kesalahan antara karyawan dan pelapor pajak perusahaan.


Uang Lembur Karyawan

Faktor lain yang meningkatkan gaji karyawan selain gaji pokok adalah uang lembur. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Imigrasi No. 2 Menurut Peraturan 102/MEN/VI/2004 lembur didefinisikan sebagai waktu kerja yang melebihi 7 jam per hari dan 40 jam per minggu.

Upah lembur ini diatur oleh pedoman dan muncul di daftar gaji karyawan. Jika sudah memahami komponen-komponen gaji, mari kita lanjutkan ke Contoh Slip Gaji Karyawan Sederhana


Contoh Slip Gaji Guru

contoh slip gaji guru honorer

Tugas pembuatan slip gaji guru dilakukan oleh bendahara sekolah di bawah arahan bendahara yang ditunjuk oleh kepala sekolah.

Membuat slip gaji adalah tugas yang sangat mudah tetapi terkadang sulit terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan Microsoft Excel atau Word.


Contoh Slip Gaji Karyawan

Contoh Slip Gaji Karyawan


Contoh Slip Gaji Sederhana

Contoh Slip Gaji Sederhana

Slip Gaji Karyawan Toko

Slip Gaji Karyawan Toko

Slip Gaji Karyawan Hotel

Slip Gaji Karyawan Hotel

Slip Gaji Perusahaan BUMN

Slip Gaji Perusahaan BUMN

Selama Anda mengetahui elemen dasar yang harus disertakan dalam slip gaji Anda tidak ada salahnya memasukkan inovasi dan kreativitas ke dalam format penggajian perusahaan Anda.

Mungkin cukup sekian postingan kali ini tentang Contoh Slip Gaji Karyawan beserta contoh-contohnya semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai bahan referensi

Posting Komentar untuk "Contoh Slip Gaji Karyawan"