cara mengatasi laptop wifi tidak terdeteksi di windows

wifi merupakan sebuah alat yang penting di dalam laptop. wifi berfungsi untuk menikmati jaringan hot spot. sehingga jika tidak ada wifi maka akan berbeda dengan laptop lain. pada dasarnya wifi tergolong sebagai periperal yang wajib ada di setiap netbook atau laptop. wifi merupakan singkatan dari wirelles fidelity.
cara bobol wifi



Dan tak kala tak ada modem ini bisa di gunakan sebagai media koneksi internet.kalau tidak ada modem dan wifi bermasalah bagaimana? ini merupakan salah satu bagian dari permasalahan yang terjadi pada laptop. untuk itu pula sekarang saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara  mengatasi masalah wifi tidak bisa untuk hotspotan.

1.cek keaktifan wifi

syarat untuk tersambungnya wifi dengan jaringan yang tersedia adalah sudah dalam posisi on. on artinya wifi mampu mendeteksi adanya suatu jaringan wifi di sekitarnya. ada beberapa cara untuk mengecek salah satunya adalah dengan menekan tombol fn atau fungsional di tambah tombol yang ada logo atau icon sinyal, wifi dan yang sejenis dengannya.


biasanya akan ada led atau lampu yang menyala di dekat led power, atau dekat led hdd. setiap laptop tidak bisa di pastikan sama. untuk laptop acer biasanya ada di dekat led hdd yang berada di pojok kiri atas. namun untuk asus dan yang lainnya bisa cek di masing masing tombol keyboarnya.

2. atur wilan menjadi enable

saat pertama kali booting kita tekan f2 atau del setelah itu masuk di menu advanced kemudian pada feature pastikan pada pilihan wilan sudah aktif atau dengan tulisan enable.


ini juga berlaku pada kasus lain pada lan, dan audio. pastikan semua pada posisi enable agar berfungsi secara maksimal.

3. install driver

ketika di bios sudah normal maka selanjutnya ceck apakah driver sudah masuk. ada kalanya windows 7 tidak mau diinstall.. untuk mengatasi ini bisa di lihat di device managernya masing masing. klik start --klik kanan computer--pilih properties--klik device manager. jika tertera di sana bahwa ethernet controller belum terinstall atau masih bertanda hijau itu artinya memang penyebab utama dari kegagalan masuk hotspot adalah itu.


carilah DVD  bawaan dari laptop kemudian masukkan ke dalam cd dan install manual. atau jika pada saat pertama kali beli tidak di sertakan drivernya bisa masuk di web resmi masing masing vendor. di sana sudah tersedia semua driver. mulai driver untuk windows XP / 7 / vista / 8. dan juga terdapat options 32 bit ( x86) atau 64 bit ( x64).

4. conection utility tidak terpasang.

jika terdapat fasilitas bluetooth maka akan terjadi konflict. yaitu driver wifi sudah di pasang namun tetap tidak bisa. atau justru sebaliknya wifi sudah lancar namun bluetooth tidak mampu beroperasi. ini biasanya dialami pada laptop compaq, hp, dan toshiba. karena untuk memilih kedua ini harus menggunakan utility yang khusus dari laptonya.


lagi lagi harus mampir di support and download masing masing website resminya.maka dari itu tips yang baik adalah download semua utility tool yang tersedia dan juga drivernya mulai driver audio, vga, chipset, lan card, bluetooth, webcam, dll. jikalau memang saat pembelian tidak di kasih.

5. wifi card rusak

jika yang terjadi demikian maka cara 1 - 4 tidak akan berhasil. karena sumber devicenya memang sudah tidak bisa di gunakan lagi. langkah terakhir adalah memblei wifi baru. untuk ukuran besar harganya sekitar 50 k sedangkan untuk wifi kecil harganya 35 k. bekas. jika tidak mau repot bongkapasang beli usb wifi dengan harga 100 k. di tempat ane lain tempat lain pula harganya.


itulah  cara yang bisa di gunakan untuk mengatasi laptop yang wifinya tidak berfungsi semoga bisa menjawab pertanyaan teman teman yang selama ini sedang ada masalah pada perangkat penghubung hotspot.

Sumber : http://ilmuserviskomputer.blogspot.com/2013/06/cara-mengatasi-laptop-wifi-tidak.html

Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 05:34:00

0 komentar:

Post a Comment