Langkah Selanjutnya Untuk Mengerjakan Dapodikmen Semeter 2

Sebelum admin panjang lebar meberikan penjabaran tenatang Langkah-Langkah selanjutnya untuk mengerjakan Dapodikmen Semester 2. Admin menyarankan Download Dulu panduang pengisian/pengentrian Dapodikmen 2013 DISINI.....

Para operator Dapodikmen tingkat sekolah kini diminta agar mengirimkan data semester 2 tahun pelajaran 2013/2014 oleh pusat. Tentunya para operator harus menyelesaikan dulu proses sinkronisasi semester 1, dan upayakan data yang ada di semester 1 sudah valid semua (tidak ada data invalid). Untuk proses pengiriman data semester 2 diharapkan data benar-benar akurat dan dapat dipercaya, sehingga kehati-hatian dalam hal ini sangat diperlukan.

Pada postingan ini kami akan memberikan tips walaupun sebenarnya fasilitas ini sudah ada dalam Dapodikmen versi 8.0.0 yaitu mengembalikan data periodik peserta didik, sarana prasarana dan rombel yang ada pada semester 1 untuk digunakan kembali di semester genap ini, dengan tujuan operator tidak kerja ulang lagi (memasukkan data yang sama seperti semester ganjil).

Jangan heran bila anda (operator Dapodikmen) melakukan login dengan menggunakan semester 2, data periodik siswa, sarana prasarana, sekolah, dan rombel akan hilang. Karena memang data pada semester 1 tidak akan ikut semua ke semester 2, nanti operator sendiri yang mengaturnya.

Ini diperuntukkan kemungkinan saja sekolah mengalami perubahan atau peserta didik mengalama perubahan kan bisa di edit lagi. Tetapi dengan semakin sempit waktu untuk pengiriman data semester 2, maka tidak ada salahnya menyalin data semester 1 ke semester 2 pada data Dapodikmen disekolah, untuk mempercepat pekerjaan, saya sendiri hanya perlu waktu 1 menit, setelah itu validasi sudah benar semua dan siap untuk sinkron data semester 2.


Berikut langkah, cara menyalin data periodik peserta didik, sarana prasarana dan rombel. Untuk peserta didik, silahkan ke tab peserta didik. kemudian ada menu Salin Data Priodik PD, seperti gambar dibawah ini.













Klik tulisan tersebut, lalu akan muncul notifkasi ya atau tidak seperti gambar ini.


SIlahkan klik saja Ya. Tunggu hingg proses selesai.
Setelah beres menyalin Data Periodik PD, Silahkan masuk ke tab Rombongan Belajar, Klik Lanjutkan Semester. Lihat Gambar di bawah ini

Setelah melakukan Lanjutkan Semester nanti akan ada Tab baru silahkan lihat gambar di bawah ini 



Untuk sarana prasarana dan rombel, cara sama yaitu dengan Melanjutkan Data. Kecuali untuk Tab Sekolah, Data periodik dan sanitasi harus di isi manual lagi dan saya rasa ini tidak terlalu memakan waktu karena hanya ada beberapa isian. Setelah itu silahkan validasi, pasti sudah valid semua.

Catatan: 
Cara Menyalin Data Periodik Peserta didik, Sarapras dan rombel diatas berfungsi (data valid semua) apabila data pada semester 1 memang sudah valid semuanya, jadi validkan dulu semua data semester 1, baru ke semester 2. 

Salam satu data Satu Tujuan.



Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 11:24:00

2 komentar:

  1. punya saya, mau meneruskan data ke semester dua, disaat klik salin data peserta didik, itu malah munculnya penyalinan data peserta didik yang aktif dari tahun 2012/2013 semester 2??
    itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itu benar tinggal Di Klik Yes Aja Pak

      Delete