Fasilitas Pencarian Data

Tampilan dapodik helper yang sangat simpel dan sederhana memang tidak ada aksesoris khusus untuk melakukan pencarian data dari setiap tampilan. Namun hal ini bukan berarti pada aplikasi dapodik helper tidak menyediakan fasilitas pencarian. Fasilitas ini merupakan fasilitas yang sangat mendasar untuk setiap aplikasi yang menggunakan database.


Untuk memulai menggunakan fasilitas pencarian pada dapodik helper dapat langsung dari masing masing tampilan data. Misalnya kita akan melakukan pencarian data siswa yang harus dilakukan adalah masuk ke menu Data pokok kemudian pilih tab Peserta Didik.

Saat berada di jendela utama Peserta Didik klik salah satu siswa tersebut bisa diurutan awal, tengah, akhir atau dibagian manapun.

Pilih salah satu data
Setelah salah satu data pada tampilan itu terseleksi (ditandai dengan latar belakang berwarna biru) selanjutnya bisa langsung mengetikan kata kunci pencarian (pada contoh ini misalna ketik za).
Hasil pencarian data
Apa yang telah kita ketik akan muncul pada bagian bawah kiri (nomor 2) dan secara bersamaan apabila pencarian itu ditemukan maka data hasil pencarian diberi tanda latar belakang yang berbeda, sedangkan data lain yang tidak menyediakan data sesuai kata kunci pencarian akan hilang dari tampilan.


Untuk mengembalikan dari kondisi pencarian tekan tombol esc pada keyboard.

Sumber : http://dapodikhelper.blogspot.com/


Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 09:54:00

0 komentar:

Post a Comment