Catatan Riwayat Singkat Kinerja Tim DAPODIK BIRO PKLN (2006-2011)

Catatan Riwayat Singkat Kinerja Tim DAPODIK BIRO PKLN (2006-2011), Tahun 2006 - 2007, kami Tim DAPODIK BIRO PKLN mengupayakan wujud nyata rintisan pendataan skala mikro pertama kali skala nasional (disebut DAPODIK) dengan merilis kodefikasi NPSN, NISN dan NIGN. Kode2 tsb sebagai data referensi utama entitas data sekolah, siswa dan pendidik sebagai basis perencanaan program dan mendukung program-program Depdiknas lainnya.

Tahun 2007 - 2008, kami Tim DAPODIK BIRO PKLN telah mewujudkan prototipe aplikasi terintegrasi Sistem DAPODIK untuk mengelola program BOS dan DAK (Sarana Prasarana). Sehingga kendali, pengawasan dan evaluasi program dapat dikendalikan secara terpusat by system. 

Tahun 2008 lalu kami Tim DAPODIK BIRO PKLN mengusulkan skema implementasi lembar soal UN yang perlu dibuat beragam varian soal dengan kode tertentu yang mengacak baik urutan nomer soal dan urutan jawaban pada setiap lembar soal dan jawaban untuk mencegah dan meminimalkan upaya kecurangan bocoran kunci jawaban UN. 

Tahun 2010 - 2011 lalu kami Tim DAPODIK BIRO PKLN telah melaksanakan interkoneksi dengan sistem BIDIK MISI dan BIOUN untuk kebutuhan data dasar siswa (NISN) dan sekolah (NPSN) by system sebagai dasar penentuan seleksi beasiswa  SNMPTN dan peserta UN yang berkesinambungan. 

Tahun 2010 lalu kami Tim DAPODIK BIRO PKLN melakukan pemetaan NPSN dengan NSS dan pemberian sertifikat NPSN ke seluruh sekolah di Indonesia bekerjasama dengan PDIP/PDSP Balitbang.

Tahun 2010 - 2011 lalu kami Tim DAPODIK BIRO PKLN membantu PDSP Balitbang dalam proses integrasi dan alih teknologi pengelolaan DAPODIK dengan menyerahkan arsip Database NPSN (250 ribuan sekolah) dan NISN (60 jutaan siswa) update hingga Februari 2011. Arsip database sebagai bagian dari proses rekonsiliasi dan arsip data di PDSP Balitbang. 

Tahun 2011 lalu kami Tim DAPODIK BIRO PKLN membantu PPMP melaksanakan EDS dengan target 29.000 sekolah menggunakan aplikasi DAPODIK.ORG dan membantu Sistem NUPTK dalam melakukan pemetaan Kode NPSN pada database NUPTK.

Tahun 2012 - sekarang,  pengelolaan sistem DAPODIK dilanjutkan oleh Tim Baru bentukan Reformasi Birokrasi Internal (RBI) yang melibatkan direktorat/unit kerja, menurut pemahaman kami seperti: DAPODIKDAS, DAPODIKMEN, DAPODIKPAUDNI, DAPODIKSEKJEN (PDSP), DAPODIKDIKTI, DAPODIKBPSDMPK, DAPODIKBALITBANG.

Sumber : https://www.facebook.com/notes/10152412502063633/

Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 05:20:00

0 komentar:

Post a Comment