Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi SPSS Download Free Terbaru

Aplikasi SPSS Download Free Terbaru
Download SPSS For Windows

Aplikasi SPSS Download Free Terbaru - Aplikasi statistik adalah perangkat lunak yang dapat menganalisis dan menafsirkan data dalam jumlah besar dalam kerangka statistik. 

Aplikasi statistik dapat menggunakan banyak uji statistik dan mengkategorikan data untuk memperoleh informasi yang berguna. 

Perangkat lunak statistik dapat membandingkan dua atau lebih jenis data untuk menemukan persamaan atau perbedaan statistik. Dan aplikasi ini banyak digunakan dalam penelitian kuantitatif untuk analisis data.

Ada banyak jenis aplikasi statistik yang bisa kita jadikan alternatif untuk mengolah statistik mulai dari aplikasi berbayar hingga aplikasi open source yang menggunakan coding atau drag and drop sederhana.

Setiap perangkat lunak harus memiliki kelebihan dan kita harus memutuskan apa yang nyaman dan cocok untuk pekerjaan kita. 

Blog Info Guru kali ini memberikan informasi tentang aplikasi statistik SPSS yang dapat Anda gunakan untuk analisis penelitian Anda.


Pengertian SPSS

SPSS adalah program yang digunakan untuk melakukan analisis statistik. SPSS adalah singkatan dari Statistical Techniques for the Social Sciences. 

SPSS adalah aplikasi untuk melakukan analisis statistik. SPSS adalah singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences. 

Download SPSS merupakan hal yang menjadi pertimbangan sebagian besar mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir mereka. 

Karena aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling populer di kalangan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian atau menyelesaikan tugas akhir mereka. 

Maka disini Info Guru memberikan kesempatan kepada pembaca untuk mendapatkan link download SPSS Download Free ini. Versi terbaru dari software IBM SPSS adalah IBM SPSS 23.

Download Aplikasi SPSS 23 langsung dari situs web IBM untuk mendapatkan perangkat lunak IBM SPSS 23. Cara download spss free sudah kami posting pada artikel Download SPSS Statistics 21

Kami harap Anda menemukan dan menggunakan halaman unduh SPSS 23. Statistik tidak dengan sengaja menyertakan tautan unduhan karena ini untuk melindungi hak kekayaan intelektual dan mencegah pembajakan.


IBM SPSS

Perangkat lunak SPSS awalnya dikembangkan oleh SPSS Inc. dikembangkan dan dimiliki oleh SPSS tetapi diakuisisi oleh IBM pada tahun 2009.

Jadi SPSS versi terbaru telah berganti nama dari SPSS versi 20 menjadi IBM SPSS. Dalam hal ini SPSS versi terbaru tahun 2016 adalah IBM SPSS versi 23.


Features of SPSS

Penggunaan SPSS dalam penelitian adalah untuk analisis empiris dan statistik. Ada banyak analisa yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini diantaranya:

  • Uji deskriptive
  • Regresi Linear
  • Regresi Logistik
  • Analisis Faktor
  • Uji Normalitas
  • Uji F dan Uji T
  • Independent T Test
  • ANOVA
  • MANOVA
  • ANCOVA


Ada beberapa jenis tes non parametrik antara lain: 

  • Mann Whitney U Test
  • Wilcoxon signed rank test
  • Spearman
  • Kendall tau


Hal ini juga dapat SPSS dapat kita gunakan untuk Charting, seperti Histogram, Normal PP, Detrend PP, Boxplot, dll.


Advantages of SPSS atau Keunggulan SPSS

SPSS memiliki user interface yang sangat user friendly atau mudah dipahami mudah digunakan dan hasil atau hasil SPSS sangat menarik dengan tampilan yang luar biasa dibandingkan dengan aplikasi statistik lainnya.

Keunggulan lain dari SPSS adalah database. SPSS memiliki sistem database sendiri dan dapat menjalankan atau berinteraksi dengan aplikasi lain sebagai aplikasi tingkat tinggi. 

Basis data SPSS termasuk dalam kelas ODBC sehingga memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah atau terhubung ke berbagai aplikasi berbasis SQL.

Sebenarnya aplikasi menyediakan dua jenis kumpulan data file sebagai input dan menunjukkan di mana data diperbarui. 

File ini memiliki ekstensi .sav. File kedua adalah file dengan ekstensi .spv yang merupakan hasil dari operasi analisis. 

Hasil dapat diekspor dalam format Word. Dengan cara ini sangat mudah dan nyaman bagi pengguna untuk mengekspor hasil sebagai aplikasi yang ditemukan.


Mengapa SPSS menjadi salah satu program statistik yang direkomendasikan?


SPSS adalah pilihan yang lebih efisien untuk analisis data mendalam daripada aplikasi spreadsheet lainnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa SPSS merupakan program penelitian yang penting bagi Anda.


1. Lebih Banyak Variasi Grafik

SPSS membantu untuk memahami data karena dapat dengan cepat memberikan data deskriptif dan data frekuensi. SPSS unggul dalam program ekspansi lainnya karena memiliki banyak pilihan grafik.


2. Pengambilan Data Lebih Sederhana

Dengan SPSS Anda tidak perlu khawatir dengan perubahan data karena Anda tidak perlu membuat dan memformat tabel. SPSS menggunakan tabel pivot multidimensi untuk menyederhanakan eksplorasi data.


3. Pemrosesan Data Sederhana

SPSS memudahkan untuk menganalisis database dan file besar dengan struktur yang kompleks. Ini menghindari risiko perubahan data yang tidak disengaja selama analisis.


4. Kemampuan untuk Bekerja dengan Data dalam Jumlah Besar

Jangan khawatir jika program spreadsheet Anda tidak dapat menangani database yang sangat besar, SPSS dapat menganalisis semua data dari kecil hingga besar tanpa risiko.


Mungkin cukup sekian postingan kali ini terkait Aplikasi SPSS Download Free Terbaru yang bisa kami bagikan kembali semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Aplikasi SPSS Download Free Terbaru"