Cara Daftar Pretest PPG Kemenag Tahun 2019

Salam Sejahtera, semoga kita dalam lindungan Allah swt. pada kesempatan ini Admin akan membagikan kembali informasi tentang bagaimana Cara Daftar Pretest PPG Kemenag Tahun 2019, yang langsung dilakuman di web SIMPATIKA. 

Mungkin masih banyak dari teman-teman yang belum mengetahui bagaimana cara pendaftarannya, dengan demikian Admin akan mencoba memberikan sebuah tutorial Cara Daftar Pretest PPG Kemenag Tahun 2019.

Dalam Rangka Persiapan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Madrasah Dalam Jabatan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Guru dapat mengajukan PPG melalui layanan SIMPATIKA. 

Perlu diketahui bahwa untuk Tahun 2019 pendaftaran PPG melalui SIMPATIKA berlangsung pada tanggal 10 sampai dengan 28 April 2019.
Sesuai Surat Edaran untuk mengikuti seleksi pendaftaran Pretest PPG Madrasah mempunyai persyaratan yang harus dipenuhi oleh guru Madrasah dan bisa langsung mengajukan PPG melalui layanan SIMPATIKA :
  1. Memiliki Ijazah D4/S1
  2. Memiliki NUPTK
  3. Memiliki NPK
  4. Berusia Maksimal 58 Tahun
  5. Guru yang diangkat sampai dengan tanggal 31 Desember 2015

Jika bapak-ibu sudah memenuhi persyaratan di atas, alangkah baiknya langsung mengajukan secara mandiri di akun SIMPATIKA masing-masing.

1. Langkah Ke Satu

Pertama silahkan bapak ibu Login ke Akun SIMPATIKA masing-masing di alamat http://simpatika.kemenag.go.id/ atau bisa langsung Klik DI SINI. kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini:
Gambar : Langkah Ke-1
Gambar: Langkah Ke-1


2. Langkah Ke Dua

Langkah kedua, jika sudah melaukan Login dan masuk pada akun masing-masing, silahkan pilih menu PPG dalam Jabatan, selanjutnya klik tombol Ajukan PPG, lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini:
Gambar: Langkah Ke-2

3. Langkah Ke Tiga

Pada tahap kedua di atas, apabila bapak ibu sudah memenuhi syarat maka akan tampil "Ajukan PPG", setelah bapak ibu klik tombol Ajukan PPG, silahkan isikan data ijazah pada kotak dialog yang muncul, kemudian pastikan juga mengunggah scan ijazah. Jika telah sesuai Klik Benar & Lanjut kan. Untuk lebih lanjutnya, silahkan lihat gambar di bawah ini:
Gambar: Langkah Ke-3

4. Langkah Ke Empat

Untuk langkah keempat silahkan isikan data ajuan bapak ibu dan pastikan data ajuan linier, jika sudah sesuai, selnjutnya Klik Benar & Lanjut. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:
Gambar: Langkah Ke-4

5. Langkah Ke Lima

Langkah kelima ini adalah Cek Kesesuaian Data yang telah bapak ibu isikan pada laman konfirmasi, jika masih terdapat data yang salah klik tombol Edit Kembali untuk memperbaiki data, namun jika telah sesuai klik Simpan. Silahkan lihat gambar di bawah ini:
Gambar: Langkah Ke-5

6. Langkah Ke Enam

Jika bapak-ibu sudah yakin dengan berkas yang di Upload, selanjutnya klik tombol Cetak Surat Ajuan pada kotak dialog yang muncul. Lihat Gambar di bawah ini:
Gambar: Langkah Ke-6

7. Langkah Ke Tujuh

Langkah terakhir adalah mencetak Verifikasi Persetujuan dari Kanwil setempat dan silahkan tunggu proses tersebut, dan jangan lupa tetap pantau terus pengajuan Pretest PPG bapak-ibu, bila perlu langsung Koordinasi dengan Kanwil dengan membawa Surat Verifikasinya.
Gambar : Bukti Verifikasi / Calon Peserta PPG 2019
Mudah-mudahan postingan tentang Cara Daftar Pretest PPG Kemenag Tahun 2019 bermanfaat dan mudah dipahami, tetapi jika masih ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kotak komentar yang sudah disediaka. 

Jangan Lupa Download Surat Edarannya DI SINI.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke jaringan sosial yang bapak ibu gunakan, supata guru madrasah lainnya, bisa mengetahui bawah sangat mudah untuk mengikuti PPG Madrasah di Kementerian Agama. Terimakasih


Advertisement
FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 08:35:00

0 komentar:

Post a Comment